Idum Satia Santi, SP., MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA DI PERKEBUNAN INTI DAN PLASMA PADA KEBUN KELAPA SAWIT PT. MEGANUSA INTISAWIT (MNIS) INDRASAKTI ESTATE


Penelitian ini dilakukan di PT. Mega Nusa Inti Sawit (MNIS) Indra Sakti Estate dan kebun KUD Sumber Rejeki, Desa Buluh Rampai. Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juli 2019.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komposisi jenis gulma di kebunm inti dan kebun plasma kelapa sawit.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan melakukan pengamatan langsung dilapangan secara deskriptif dan destruktif menggunakan analisis vegetasi dengan metode kuadrat.
Cara pengambilan sampel dengan acak beraturan, dengan jarak antar sampel sama. Pengumpulan data dilakukan dengan mencatat jumlah individu, dan biomassa setiap jenis gulma pada setiap sampel. Dari data yang terkumpul dapat dicari KM, KN, FM, FN, DM, Dan, DN serta SDR.
Hasil pengamatan komposisi gulma yang tumbuh di PT. Meganuisa Intisawit pada perkebunan inti dan plasma terdapat 17 jenis gulma yang tumbuh, dari jenis gulma tersebut ada 7 jenis gulma di perkebunan inti, 12 jenis gulma di perkebunan plasma, dan 2 jenis gulma yang sama yang terdapat di kedua areal tersebut. Kelompok gulma dominan berdasarkan daur hidup di perkebunan inti didominasi oleh gulma semusim berupa gulma daun lebar, sedangkan untuk perkebuanan plasma didominasi juga oleh gulma tahunan berupa gulma daun lebar. Dilihat nilai koefisien komunitas antara lahan perkebunan inti dan plasma sebesar 11,57 % lebih kecil dari 75 % sehingga dapat dinyataka bahwa komunitas gulma antara areal perkebunan inti dan perkebunan plasma tidak seragam atau berbeda.
LOADING LIST...
rafkiaguswalindra@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...