Dr. Ir. Herry Wirianata, MS.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH JENIS AUKSIN DAN JUMLAH RUAS TERHADAP PERTUMBUHAN STEK VANILI (Vanilla planifolia)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis auksin dan jumlah ruas terhadap pertumbuhan stek vanili dan mengetahui interaksi jenis auksin dengan jumlah ruas terhadap pertumbuhan stek vanili. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan pola faktorial yang disusundengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah jenis auksin terdiri dari 3 aras yaitu tanpa auksin (kontrol), Rootone F, dan air kelapa. Faktor kedua adalah jumlah ruas terdiri dari 1 ruas, 2 ruas, 3 ruas, dan 5 ruas. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan akar terbaik pada stek vanili dihasilkan oleh bahan stek yang terdiri dari 5 ruas dan direndam dalam air kelapa. Jenis auksin menghasilkan pertumbuhan yang sama pada stek vanili. Jumlah ruas memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tunas stek vanili. Pertumbuhan tunas terbaik dihasilkan oleh bahan stek dengan stek 5 ruas.
Kata kunci : jenis auksin, jumlah ruas, stek vanili
LOADING LIST...
Meilaninurika@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...