E. Nanik Kristalisasi, SP., MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN MIKORIZA PADA BERBAGAI JENIS TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) DI PRE NURSERY


INTISARI

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi mikoriza pada berbagai jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP-2) Institut Pertanian Stiper, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Febuari sampai Mei 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan yang disusun Rancangan Acak Lengkap pola faktorial. Faktor pertama dosis mikoriza terdiri dari 4 aras (kontrol, 10 , 20 , dan 30 g). Faktor kedua yaitu jenis tanah yang terdiri dari 3 aras (latosol, regosol, dan grumusol). Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara aplikasi mikoriza pada berbagai jenis tanah terhadap semua parameter. Aplikasi mikoriza dan berbagai jenis tanah memberikan pengaruh sama terhadap semua parameter.

Kata kunci : Dosis mikoriza, jenis tanah, bibit kelapa sawit

LOADING LIST...
luluyunuzz@gmail.com
E. Nanik Kristalisasi, SP., MP - Personal Name
Dian Pratama Putra, SP, M.Sc - Personal Name
Lulu Yunus - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...