Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI BAHAN ORGANIK DAN VOLUME PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi bahan organik dan volume penyiraman beserta interaksinya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian telah dilaksanakan di Dusun Paingan, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai Juni 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan Faktorial dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Ramdomized Design (CRD). Faktor I adalah bahan organik yang terdiri dari 3 aras perlakuan yaitu : regusol, regusol + pupuk kambing, dan regusol + kompos tandan kosong kelapa sawit. Faktor II adalah volume penyiraman yang terdiri dari 4 aras perlakuan yaitu : 100 ml, 150 ml, 200 ml dan 250 ml.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara pengaruh aplikasi bahan organik dan volume penyiraman bibit kelapa sawit di pre nursery. Aplikasi bahan organik pupuk kandang kambing menunjukkan perlakuan yang lebih baik pada parameter diameter batang. Volume penyiraman memberikan pengaruh yang sama untuk semua parameter.

LOADING LIST...
adegeofani97@gmail.com
Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P) - Personal Name
Ir. Pauliz Budi Hastuti,MP - Personal Name
ADE GEOFANI - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...