Titin Setyorini, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MEDIA TANAM COCOPEAT DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media tanam cocopeat dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit , telah dilaksanakan di desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Febuari sampai April 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan faktorial dengan Rancangan Petak Terbagi (RPT) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah frekuensi penyiraman yang terdiri dari 1 hari 2 kali, 1 hari 1 kali, 2 hari 1 kali dan 3 hari 1 kali. Faktor kedua adalah media tanam yang terdiri dari tanah, cocopeat dan tanah + cocopeat. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Perlakuan yang berbeda nyata diuji lanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat interaksi nyata antara media tanam dengan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Media tanam tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit. Frekuensi penyiraman tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di PN. Frekuensi penyiraman 3 hari 1 kali lebih efesien.
Kata kunci : Media tanam cocopeat, Frekuensi penyiraman, dan Bibit sawit

LOADING LIST...
gustihery03@gmail.com
NONE
Text
INSTPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...