Ir. Wiwin Dyah Ully Parwati, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN APLIKASI LCPKS TERHADAP PRODUKTIVITAS TANAMAN MENGHASILKAN KELAPA SAWIT


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi LCPKS dan Non LCPKS terhadap produktivitas dan karakter agronomi tanaman menghasilkan kelapa sawit. Penelitian ini dilaksanakan di PT. Perkebunan Nusantara V kebun SEI. Tandun, kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Mei 2019 hingga Juni 2019.
Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survey agronomi pada perkebunan yang sudah dilakukan intensifikasi dan telah berproduksi. Data sekunder yang yang diambil adalah produksi 5 tahun terakhir pada lahan yang diaplikasikan LCPKS dan yang tidak diaplikasikan LCPKS yaitu jumlah tandan pertahun, total berat tandan pertahun, berat tandan rata-rata pertahun, berat tandan perhektar dan jumlah tandan perpokok. Data primer yang diambil pada lahan yang diaplikasikan LCPKS dan yang tidak diaplikasikan LCPKS adalah tinggi tanaman, jumlah pelepah, lingkar batang, jumlah anak daun, dan berat TBS perpokok. Data dianalisis pada dengan menggunakan uji t dengan jenjang nyata 5%, untuk mengetahui apakah aplikasi LCPKS memberikan pengaruh yang berbeda nyata atau tidak pada semua karakter agronomi dan produksi. Untuk mengetahui hubungan antar karakter agronomi dengan berat TBS dilakukan analisis regresi korelasi.
Hasil penelitian menunjukkan Aplikasi LCPKS memberikan pengaruh tidak berbeda pada parameter jumlah tandan, berat tandan, berat tandan rata-rata, berat tandan perhektar, dan jumlah tandan perpokok. Namun aplikasi LCPKS memberikan pengaruh yang berbeda nyata terhadap beberapa parameter karakter agronomi tanaman kelapa sawit seperti tinggi tanaman, lingkar batang, dan jumlah anak daun kecuali terhadap jumlah pelepah yang menunjukkan hasil tidak berbeda nyata. Uji korelasi menunjukkan pada lahan yang diaplikasikan LCPKS karakter agronomi yang paling berpengaruh pada produksi adalah tinggi tanaman. Sedangkan pada lahan yang tidak diaplikasikan LCPKS tidak ada karakter agronomi yang memberikan pengaruh pada produksi.

Kata kunci: LCPKS, Produksi, Karakter agronomi.

LOADING LIST...
aanazmy27@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...