FARID MUHAMMAD RIFA'I; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH BEBERAPA KONSENTRASI ROOTONE F DAN UMUR STEK KOPI ROBUSTA (Coffea canephora)


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perlakuan pemberian beberapa konsentrasi Rootone F dan umur stek batang bagi pertumbuhan kopi Robusta. Penelitian dilaksanakan dikecamatan Depok, kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta pada bulan Mei sampai dengan bulan Juli 2019.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode percobaan pola faktorial terdiri dari 2 faktor Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor I yaitu konsentrasi Rootone F terdiri 3 aras (100 ppm, 150 ppm dan 200 ppm) dan faktor II umur batang stek terdiri 2 aras (batang bawah dan batang tengah). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 6 kombinasi perlakuan dan masing-masing perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5 % dan tidak ada yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara konsentrasi Rootone F dengan umur stek. Perlakuan konsentrasi Rootone F dan umur stek pada semua parameter tidak menunjukkan adanya pengaruh yang nyata. Pada konsentrasi Rootone F 100 ppm, 150 ppm dan 200 ppm belum memberikan adanya pengaruh nyata terhadap pertumbuhan akar stek. Stek batang yang digunakan sebagai bahan tanam belum memenuhi syarat karena cadangan makanan belum cukup untuk melakukan pertumbuhan akar.


LOADING LIST...
muhammadfarid9800@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...