Nurul Halimah; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENINGKATAN KUALITAS KAYU LAPIS DAN PAPAN BLOCKBOARD DENGAN PERLAKUAN PERMUKAAN


Kayu lapis adalah papan laminasi yang tersusun atas lembaran tipis kayu atau venir kemudian direkat bersama-sama lamina, lamina adalah bentuk yang dibuat dari lembaran tipis suatu bahan alami yaitu kayu,bahan besi dan plastik. Papan blockboard adalah ialah kayu lapis yang tersusun dari kayu gergajian sebagai inti dan dilapisi dengan venir pada kedua permukaannya. Inti papan blockboard tersusun dari kayu-kayu gergajian (strip) yang berukuran relatif kecil keadaan ini memungkinkan untuk pemanfaatan kayu-kayu sisa penggergajian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perlakuan permukaan dapat meningkatkan kualitas produk kayu lapis dan papan blockboard.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan pola percobaan faktorial, yaitu terdiri dari dua faktor perlakuan dan tiga ulangan, menggunakan Analisis Varians dan Uji Tukey. Faktor utama jenis produk kayu terdiri dari kayu lapis dan papan blockboard, faktor kedua perlakuan pelapisan permukaan terdiri dari kontrol, cat, dan waterbased. Parameter yang diteliti kadar air, kerapatan, pengembangan tebal, dan penyerapan air atau absorbsi.
Hasil penelitian faktor perlakuan pelapisan permukaan pada kayu lapis dan papan blockboard berpengaruh sangat nyata terhadap kadar air, kerapatan, pengembangan tebal dan penyerapan air atau absorbsi. Faktor produk jenis kayu berpengaruh nyata terhadap pengembangan tebal, berpengaruh sangat nyata terhadap kerapatan dan tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air dan absorbsi. Interaksi antara jenis produk kayu dan perlakuan pelapisan permukaan menghasilkan kerapatan dan absorbsi yang berbeda nyata, pengembangan tebal yang berbeda sangat nyata dan kadar air yang tidak berbeda nyata. Nilai rata-rata faktor perlakuan pelapisan permukan pada kayu lapis dan papan blockboard memiliki nilai kadar air antara 11,44 – 12,83%, kerapatan 0,3477 - 0,3708 g/cm3, pengembangan tebal 1,65 – 5,86%, penyerapan air atau absorbsi 12,81 – 49,61%.

LOADING LIST...
nurulbungsu1997@gmail.com
Nurul Halimah - Personal Name
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Ir. Sushardi, S.Kh, MP - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...