Widia Sri Utami; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN SEMAI SENGON HIDROPONIK DENGAN VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMUPUKAN


PERTUMBUHAN SEMAI SENGON HIDROPONIK DENGAN VARIASI DOSIS DAN FREKUENSI PEMUPUKAN

Oleh :
Widia Sri Utami
INTISARI
Penggunaan polybag (wadah) umumnya banyak digunakan di persemaian sebagai wadah untuk pertumbuhan bibit tanaman. Akan tetapi penggunaan polybag memiliki kelemahan yaitu memerlukan media tanam. Salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan bibit cabutan yaitu menggunakan media hidroponik dengan floral foam serta memberikan pemupukan yang tepat. Media hidroponik memiliki kelebihan yaitu tidak membutuhkan media tanam, praktis, dan memiliki berat yang lebih ringan saat bibit tanaman dipindahkan ke lapangan untuk penanaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertumbuhan Semai Sengon Hidroponik dengan Variasi Dosis dan Frekuensi Pemupukan yang tepat.
Penelitian ini dilakukan di Greenhouse Fakultas Kehutanan. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap Faktorial dengan dua faktor yaitu dosis dan frekuensi pemupukan. Hasil pengamatan pertumbuhan semai sengon yang berpengaruh nyata kemudian dilakukan uji lanjut dengan uji BNT (beda nyata terkecil).
Hasil penelitian dosis dan frekuensi pemupukan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan semai sengon. Dosis 10 mL/L sebanyak 25 ml merupakan dosis yang terbaik. Frekuensi pemupukan 1 minggu sekali merupakan frekuensi yang terbaik. Dosis 10 mL/L sebanyak 25 ml dan frekuensi 1 minggu sekali merupakan interaksi antara dosis dan frekuensi pemupukan yang terbaik.

Kata Kunci : Pupuk, Hidroponik, AB mix, Pertumbuhan, Semai, Sengon

LOADING LIST...
widiasriutami97@gmail.com
Widia Sri Utami - Personal Name
Yuslinawari, S.Hut, M.Sc - Personal Name
Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P) - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...