Ir. Listiyani, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Pendapatan Tebu di Kabupaten Tegal


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pendapatan petani tebu pada berbagai teknik budidaya tebu tanam ( PC ) dan keprasan ( RC ) dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi produksi tebu di Kabupaten Tegal.
Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif. Penentuan lokasi menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan secara Purposive Sampling dimana daerah yang diambil adalah Kabupaten Tegal karena daerah tersebut merupakan salah satu pengahasil tebu yang besar di Jawa Tengah. Sementara untuk pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling diambil tiga Kecamatan yaitu Kecamatan Pangkah, Kecamatan Slawi, Kecamatan Lebaksiu dimana masing-masing Kecamatan diambil 10 petani tebu.
Hasil penelitian dapat diketahui petani tebu di Kabupaten Tegal menggunakan 5 keprasan. dengan rata-rata pendapatan tebu tanam Rp. 4.987.534 / Ha, untuk pendapatan tebu keprasan 1 ( RC 1 ) sebesar Rp. 7.925.479 / Ha, keprasan 2 ( RC 2 ) Rp. 6.263.995 / Ha, keprasan 3 ( RC 3 ) Rp. 6.064.579 / Ha, keprasan 4 ( RC 4 ) Rp. 4.934.724 / Ha, keprasan 5 ( RC 5 ) Rp. 3.829.677 / Ha. semakin banyak dikepras mengakibatkan pendapatan petani semakin turun dikarenakan produksi tebu yang terus menurunan, dan juga pada keprasan 4 pendapatan petani relatif sama dengan tebu PC sehingga disarankan pada keprasan ke 3 dilakukan replanting. Faktor yang mempengaruhi produksi tebu secara signifikan adalah pupuk kimia sedangkan pupuk organik, pestisida, luas lahan, dan usia petani tidak signifikan. untuk peningkatan produksi harus pemberian pupuk kimia yang tepat dosis agar pertumbuhan menjadi maksimal.

Kata kunci : Pendapatan, Tebu, Keprasan

LOADING LIST...
hasanazam45@gamail.com
Ir. Listiyani, MP - Personal Name
Dr.Ir. Danang Manumono,MS (P) - Personal Name
Abdullah Hasan Azam - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...