ir. Tri nugraha Budi Santosa, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMETAAN DAN PEMODELAN REPLANTING KEBUN KELAPA SAWIT MENGGUNAKAN MODEL BINER DAN MODEL PEMBOBOTAN DI PT. ASAM JAWA


INTISARI
Penelitian tentang pemetaan dan pemodelan replanting kebun kelapa sawit dengan model biner dan model pembobotan berdasarkan SIG (Sistem Informasi Geografis) ini bertujuan untuk membuat peta parameter yang digunakan untuk mempengaruhi suatu blok atau area sudah masuk kriteria replanting atau belum, membuat peta model penilaian blok replanting, dan membandingkan efektivitas model pembobotan (weighting) dengan model biner untuk perencanaan replanting.
Penelitian dilaksanakan di kebun PT. Asam Jawa, Desa Pangarungan, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Provinsi Sumatera Utara. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 13 – 19 Mei 2019. Penelitian ini menggunakan model pembobotan yaitu teknik pengambilan keputusan pada suatu proses yang melibatkan berbagai faktor secara bersama-sama dengan cara memberi bobot pada masing-masing faktor tersebut dan model biner dengan mengoverlay semua parameter yang mempengaruhi replanting. Output dari model pembobotan adalah dalam format biner yang diberi nilai 1 untuk data yang masuk dalam kategori replanting dan nilai 2 untuk data yang tidak masuk dalam kategori replanting.
Pada model pembobotan 4 parameter yaitu umur tanaman dengan bobot 40%, produktivitas tanaman 30%, tinggi tanaman 15%, dan standar pokok per hektar (SPH) 15%, sedangkan pada model biner semua parameter dianggap memiliki pengaruh yang sama.Dari model pembobotan, area PT. Asam Jawa 75,5 % masuk kategori replanting dan 24,5% masuk kategori tidak replanting, sedangkan pada model biner 76,5% masuk kategori replanting dan 23,5% masuk kategori tidak replanting. Model analisis yang lebih efektif untuk perencanaan replanting yaitu model pembobotan.

Kata kunci: Replanting, kelapa sawit, model biner, model pembobotan.

LOADING LIST...
aritriawan0809@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...