Betti Yuniasih, S.Si, M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS TERHADAP MANAJEMEN TRANSPORTASI DARI TPH KE PKS


INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk membuat database manajemen transpotasi, membuat peta partisipatif jalur panen dari TPH ke PKS serta membuat model manajemen pengangkutan di perkebunan kelapa sawit. Penelitian dilaksanakan di PT. Langkat Nusantara Kepong (LNK) Kebun Tanjung Beringin Kecamatan Hinai, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan cara pengukuran langsung di lapangan dan analisa navigasi. Pengukuran langsung di lapangan dilakukan dengan menghitung jarak dari TPH ke PKS, menghitung kecepatan rata-rata truk saat membawa TBS ke PKS, menghitung waktu truk dari TPH ke PKS. Untuk mengukur jarak dilakukan dengan menggunakan GPS garmin kemudian data dari GPS dimasukkan dan dianalisis dengan program ArcGIS. Analisa navigasi dilakukan dengan menggunakan Network Analisis di ArcGIS, dimana cara kerja Network Analisis ini akan mencari jalan yang paling efektif dan efesien.
Jalan di Kebun Tanjung Beringin dibedakan berdasarkan fungsinya menjadi HW (Highway), MR(Main Road), CR(Collection Road) dan BR (Boundrest Road). Peta jalur pengangkutan TBS dari TPH ke PKS melalui jalur CR yang kemudian melewati MR, dan melewati HW yang sesuai dengan jalur truk. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pengukuran langsung di lapangan TBS ke PKS yang sudah efektif dan efesien dibanding dengan analisis navigasi.


Kata kunci: Analisa Navigasi, GIS, TPH, transportasi panen, kelapa sawit

LOADING LIST...
ibnuazharpu1998@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...