Anang Bagus W; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA PADA LAHAN TBM DAN TM DI KEBUN KELAPA SAWIT PT. TASK II DESA TANJUNG JARIANGAU, KEC. MENTAYA HULU, KAB. KOTAWARINGIN TIMUR, SAMPIT, KALIMANTAN TENGAH


Salah satu masalah penting dalam upaya mengoptimalkan produksi dan menekan biaya produksi kelapa sawit adalah masalah gulma. Gulma menyebabkan kerugian dan kompetisi unsur hara, air, cahaya matahari, dan ruang tumbuh dengan tanaman pokok. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan melakukan survey gulma secara langsung dilapangan, yang tumbuh di lahan perkebunan kelapa sawit pada lahan TBM dan TM. Metode analisis vegetasi yang digunakan adalah metode kuadrat.
Penelitian yang dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit PT. Tunas Agro Subur Kencana 2, di Desa Tanjung Jariangau, Kec. Mentaya Hulu, Kab. Kotawaringin Timur, Sampit, Kalimantan Tengah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komposisi jenis-jenis gulma yang terdapat pada lahan TBM dan TM di perkebunan kelapa sawit, mengetahui jenis gulma yang tumbuh dominan, dan menentukan saran pengendalian.
Hasil pengamatan komposisi gulma terdapat 13 jenis gulma pada lahan TBM, dan 7 jenis gulma pada lahan TM. Dari hasil analisis berdasarkan daur hidup gulma, menunjukan SDR jenis gulma tahunan merupakan jenis gulma yang dominan dan tumbuh baik di lahan TBM dan TM. Sedangkan berdasarkan morfologi gulma, jenis gulma yang mendominasi pada lahan TBM dan TM adalah jenis gulma daun lebar. Dari hasil perhitungan nilai koefisien komunitas (C) gulma yang tumbuh pada lahan TBM dan TM adalah sebesar 10,79% sehingga dapat dikatakan bahwa tingkat keseragaman jenis gulma yang menyusun vegetasi pada lahan TBM dan TM tidak seragam.

LOADING LIST...
anangbagus16@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...