Ir. Sri Manu Rohmiyati, M.Sc. (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH MACAM BAHAN DAN VOLUME PEMBENAH TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY PADA TANAH MASAM


Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh macam dan volume pembenah tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery pada tanah masam telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada bulan Maret sampai Juni 2017.
Penelitian menggunakan rancangan percobaan faktorial yamg disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau Completely Randomized Design (CRD) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah macam pembenah tanah, yang terdiri dari empat macam, yaitu bio-slurry, abu jerami, pupuk hijau dan dolomit. Sedangkan faktor kedua adalah dosis pembenah tanah, yang terdiri dari empat aras dosis (%volume), yaitu 10%, 20%, 30% dan 40%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara macam bahan pembenah tanah dan volume pembenah tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Macam bahan pembenah tanah memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bagian atas bibit, tetapi pemberian dolomit memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pertumbuhan bagian bawah bibit kelapa sawit di pre nursery. Pemberian pembenah tanah volume 10%, 20%, 30% dan 40% memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery.

LOADING LIST...
novanindriw17@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...