Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Arang Aktif dari Sekam Padi sebagai Adsorben dalam Pemurnian Biodiesel dari Minyak Curah Kelapa Sawit


Penelitian tentang penggunaan arang aktif dari sekam padi untuk pemurnian biodiesel minyak curah kelapa sawit ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio mol minyak : metanol dengan konsentrasi arang aktif dari sekam padi terhadap kualitas biodiesel yang dihasilkan dan mengetahui rasio mol minyak : metanol dengan konsentrasi arang aktif dari sekam padi untuk membuat biodiesel yang sesuai dengan SNI.
Penelitian dilakukan dengan Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua faktor. Faktor pertama adalah rasio mol minyak : metanol terdiri dari A1 (1:3), A2 (1:5), dan A3 (1:7). Faktor kedua adalah konsentrasi arang sekam padi aktif terdiri dari B1 (1%), B2 (1,5%), dan B3 (2%). Sifat fisikokimia terhadap karakteristik biodiesel minyak curah kelapa sawit meliputi densitas, viskositas, angka asam, dan angka penyabunan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasio mol minyak : metanol berpengaruh terhadap densitas, viskositas dan angka asam biodiesel minyak curah kelapa sawit hasil pemurnian. Tetapi berpengaruh terhadap angka penyabunan. Sedangkan Konsentrasi arang aktif dari sekam padi berpengaruh terhadap angka penyabunanan. Tetapi tidak berpengaruh terhadap densitas, viskositas dan angka asam. Berdasarkan penelitian ini biodiesel minyak curah kelapa sawit yang mendekati kriteria SNI adalah dengan rasio mol minyak : metanol (1:5) dengan densitas 0,86 g/ml, viskositas 3,25 mPa s, angka asam 2,183 mgKOH/g, dan angka penyabunan 199,97 mgKOH/g. Pada pemurnian biodiesel minyak curah kelapa sawit perlakuan terbaiknya adalah konsentrasi arang sekam padi aktif 1% dengan densitas 0,85 g/ml, viskositas 3,91 mPa s, angka asam 2,362 mgKOH/g, dan angka penyabunan 172,27 mgKOH/g.


Kata kunci : Biodiesel, minyak curah sawit, metanol, arang aktif sekam padi

LOADING LIST...
Robitriatmojo2610@gmail.com
Dr. Maria Ulfah, STP. MP (P) - Personal Name
ROBI TRIATMOJO - Personal Name
Dina Mardhatilah,STP.M.si - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...