Hangger Gahara Mawandha, SP., M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dosis pupuk NPK dan Konsentrasi PGPR (Plant Growth Promoting Rizhobacteria) Terhadap Pertumbuhan Bibit Tebu Bud Set


INTISARI
Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pupuk NPK dan konsentrasi PGPR (Plant Growth Promoting Rizhobacteria) terhadap pertumbuhan bibit tebu varietas Ps 862 telah dilakukan di Maguwoharjo, Yogyakarta pada bulan Februari hingga Mei 2019.
Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) terdiri dari dua faktor yaitu dosis pupuk NPK terdiri dari 4 aras (0g, 3g, 5g dan 7g) dan konsentrasi PGPR terdiri dari 4 aras (0 ml/ltr, 5 ml/ltr, 10 ml/ltr dan 15 ml/ltr). Dari kedua faktor diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan masing - masing kombinasi di ulang sebanyak 3 kali. Data hasil penelitian di analisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada interaksi antara dosis pupuk NPK dan konsentrasi PGPR pada tinggi tanaman, diameter batang, warna daun dan berat kering akar. Kombinasi perlakuan terbaik adalah dosis pupuk NPK 5 g dengan konsentrasi PGPR 10 ml/ltr terdapat kombinasi perlakuan yang terhadap tinggi tanaman, diameter batang, warna daun dan berat kering akar. Dosis pupuk NPK 7 g memberikan pengaruh yang paling baik terhadap jumlah daun, luas daun, volume akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk, volume akar dan panjang akar. Konsentrasi PGPR 15 ml/ltr memberikan pengaruh yang nyata terhadap jumlah daun, luas daun, panjang akar, volume akar, berat segar tajuk, berat kering tajuk dan volume akar.



Kata kunci : pupuk NPK, konsentrasi PGPR dan tebu Ps 862
LOADING LIST...
dwimellasari5@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...