Tantri Swandari, S.Si., M.Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KERAGAMAN VARIETAS PADA PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN JAGUNG


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman varietas pada pertumbuhan dan hasil tanaman jagung. Penelitian dilakukan di Dusun Jenengan, Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Febuari sampai Mei 2019.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial menggunakan metode rancangan RCBD (Randomized Completely Block Design) yang terdiri atas satu faktor yaitu jenis varietas yang terdiri 3 aras yaitu, Varietas P27, Varietas P35, Varietas P36. Pengulangan dilakukan sebanyak 4 kali sebagai kelompok atau blok. Setiap ulangan/blok terdapat 3 bedengan dengan varietas yang berbeda. Setiap varietas pada bedengan terdiri dari 20 tanaman yang terbagi menjadi 2 baris tanaman. Setiap baris berjumlah 10 tanaman, sehingga jumlah tanaman dalam setiap blok berjumlah 60 dengan ulangan sebanyak 4 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam (Analysis of variance) pada jenjang 5%. Apabila terdapat beda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa varietas P36 memiliki keragaman pertumbuhan yang lebih baik dari pada P27 dan P35, yang didominasi pada pertumbuhan vegetatif, tinggi tanaman, berat segar tajuk, berat kering tajuk, berat segar akar, berat kering akar. Varietas P27 memiliki hasil produksi terbaik pada pertumbuhan umur berbunga dan berat tongkol. Keragaman pertumbuhan dan hasil varietas P27, P35 dan P36 diduga dipengaruhi oleh keragaman genetik yang tinggi.
Kata kunci: keragaman, varietas, jagung, P27, P35, P36
LOADING LIST...
muhammadkhaminorrozak@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...