Yayang Saputra; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pemasaran Kopi Robusta Di Desa Tanjung Alam Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu


Penelitian pemasaran Kopi Robusta Di Desa Tanjung Alam Kecamatan Kedurang Kebupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Saluran pemasaran kopi robusta di Desa Tanjung Alam Kecamatan Kedurang Kebupaten Bengkulu Selatan. 2) Biaya keuntungan dan margin pemasaran kopi robusta 3) Proses pembentukan harga kopi robusta pada tingkat petani 4) Efisiensi pemasaran kopi robusta.
Metode dasar yang digunakan adalah metode diskriptif, jumlah sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak 25 sampel. Metode pengambilan sampel yaitu dengan cara : 1) pengambilan sampel petani mengunakan metode snowball sampling, 2) dalam menentukan lokasi penelitian menggunakan metode pengambilan sampel Studi Kasus.
Hasil penelitian menujukan bahwa : 1) Terdapat dua saluran pemasaran kopi robusta dari petani sampai kekonsumen akhir yaitu saluran pertama : petani – pedagang desa – pedagang kecamatan – pedangan kabupaten. Saluran kedua petani – pedagang desa – konsumen. Petani kopi robusta pada saluran pertama ini menjuala biji kopi tersebut kepada pedagang desa dengan harga Rp 17.000/kg, kemudioan pedangan desa akan menjual kembali hasil membeli biji kopi dipetani setelah biji kopi terkumpul ke pedagang kecamatan dengan harga Rp 18.000/kg, pedagang kecamatan melakuan hal yang sama apabila biji kopi terkumpul maka akan dijual kepedagang kabupaten dengan harga Rp 19.000/kg dan pedangan kabupaten akan menjual kembali biji kopi terkumpul keluar provinsi Bengkulu maupun keluar negeri dengan harga Rp 21.000/kg. 2) Biaya pemasaran kopi robusta sebesar Rp 1.070/kg, keuntungan pemasaran kopi robusta sebesar Rp 5.000/kg. 3) Farmer’s share pemasaran kopi robusta yang diterima petani kopi 80,9%. 4) Efisiensi pemasaran terdapat dua metode yaitu efisiensi teknis dan efisiensi ekonomis. Pada saluran pertama dikatakan efisein karena nilai indeks efisiensi teknis lebih kecil dan nilai indeks efisiensi ekonomis lebih besar.

Kata Kunci : Pemasaran, Kopi Robusta.

LOADING LIST...
yayangsa100496@gmail.com
Yayang Saputra - Personal Name
Arum Ambarsari, SP. MP.(P) - Personal Name
Etty Sri Hertini, SP. M.Si - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...