Ir. Retni Mardu Hartati, SU (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

RESPON PERTUMBUHAN BIBIT STEK LADA (PIPER NIGRUM L.) TERHADAP PEMBERIAN AIR KELAPA DAN MACAM BAHAN ORGANIK


Penelitian bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan stek tanaman Lada (Piper nigrum L.) terhadap perlakuan perendaman air kelapa dan macam bahan organik. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2019 di desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I. Yogyakarta dengan ketinggian tempat 118 mdpl dan menggunakan tanah regusol.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) atau CRD (Completely Randomized Design) yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama konsentrasi perendaman air kelapa sebagai ZPT yang terdiri dari 4 aras yaitu kontrol (tanpa air kelapa), 25%, 50%, dan 75%. Faktor kedua macam bahan organik sebagai media tanam terdiri dari 2 aras yaitu kompos kotoran sapi dan eceng gondok.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat interaksi antara pemberian konsentrasi air kelapa dan macam bahan organik terhadap parameter berat segar akar. Kombinasi terbaik diperoleh dari perlakuan konsentrasi air kelapa 75% dengan bahan organik kompos kotoran sapi. Perendaman air kelapa sebagai ZPT tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, panjang akar, jumlah akar, berat kering akar, berat segar tanaman, dan berat kering tanaman. Namun pada aplikasi macam bahan organik memberikan pengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah akar, berat kering akar, berat segar tanaman, dan berat kering tanaman, kecuali pada panjang akar. Kompos kotoran sapi memberikan pengaruh terbaik dibandingkan kompos eceng gondok.
LOADING LIST...
Meitogu97@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...