Ewa Rinaldo Siregar; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH PGPR(Plant Growth Promoting Rhizobakteria) DAN BIOSLURRY TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dosis PGPR dan bioslurry terhadap bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari sampai April 2019 di (KP-2) INSTIPER , di Desa Banjeng, Kecamatan. Wedomartani, Kabupaten. Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama dosis PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobakteria) yang terdiri dari 4 aras yaitu (kontrol, 10 , 15 dan 20 ml/tanaman) dan faktor kedua bioslurry yang terdiri dari 4 aras yaitu (kontrol, 10, 20 dan 30 %/tanaman).
Dari kedua perlakuan diatas diperoleh 4 x 4 = 16 kombinasi perlakuan dengan tiap-tiap perlakuan diulang sebanyak 5 kali sehingga diperoleh= 16 x 5 = 80 sampel. Data hasil penelitian dianalisa menggunakan Analisis of Varian (Annova) pada jenjang nyata 5%. Bila ada beda nyata dilakukan pengujian lanjut dengan menggunakan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Pemberian PGPR dan bioslurry tidak menunjukkan interaksi nyata pada semua parameter. PGPR 15 ml memberikan pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery terbaik pada parameter tinggi tanaman. Bioslurry 10 % sudah mampu meningkatkan tinggi tanaman dan jumlah daun.


LOADING LIST...
Bangaldo05@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...