Erick Firmansyah, SP. M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Dolomit dan Kompos Terhadap Pertumbuhan (Pueraria javanica) Pada Tanah Masam


INTISARI

Penelitian dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dosis dolomit dan dosis kompos terhadap pertumbuhan tanaman Pueraria javanica pada tanah masam telah dilakukan di Desa Jenengan yang terletak di Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakartapada bulan Febuari sampai Juni 2019.
Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) dengan pola faktorial yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama adalah dosis kompos yang terdiri dari5 aras dosis % volumen yaitu : 0 % (pupuk NPK + urea dosis rekomendasi), 10 %, 20 %, 30 %, dan 40 %, dan faktor kedua adalah dosis dolomit yang terdiri dari 4 aras dosis yaitu : 0 g/bibit, 10 g/bibit, 20 g/bibit, dan 30 g/bibit. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5 % dan perlakuan yang berbeda nyata diujilanjut dengan DMRT pada jenjang nyata5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi nyata antara dosis dolomit dan dosis kompos terhadap pertumbuhan tanaman Pueraria javanica. Pemberian dolomit pada semua dosis memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan tanaman Pueraria javanica pada tanah masam, kecuali dosis 30 g/bibit memberikan pengaruh yang lebih rendah terhadap pertumbuhan tanaman bagian atas dan jumlah bintil akar efetif. Pemberian kompos dosis 10 % volume sudah mencukupi untuk menghasilkan pertumbuhan tanaman Pueraria javanica yang baik. Pemberian kompos pada berbagai dosis memberikan pengaruh yang lebih baik dibanding pupuk anorganik terhadap pertumbuhan tanaman Pueraria javanica.

Kata kunci : Kompos, Dolomit, Kelapa sawit, Pueraria javanica
LOADING LIST...
Kastiar12@gmail.com
Erick Firmansyah, SP. M. Sc. - Personal Name
Ir. Sri Manu Rohmiyati, M.Sc - Personal Name
Nuransah Kastiar - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...