Ronaldo Efendi; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN PANEN DAN PASCAPANEN TANAMAN TEH (Camellia sinensis) DI KEBUN KAYU ARO


Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mempelajari aspek-aspek yang berkaitan dengan panen dan pascapanen teh. Kegiatan penelitian dilaksanakan di Kebun Teh Kayu Aro, Kerinci, Jambi pada bulan Agustus sampai September 2019.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan cara menggali informasi. Metode pengambilan data yaitu dengan cara wawancara, pengambilan data dari kantor afdeling maupun pabrik, dan observasi di lapangan. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemilihan pemanen berdasarkan pada kebutuhan kelompok panen, dalam satu kelompok panen terdiri dari minimal 6 orang. Suatu areal dalam blok bisa dipanen jika pertumbuhan pucuk sudah mencapai minimal 60% dari areal tersebut. Rotasi panen di kebun tinggi (± 1700 m dpl) merupakan rotasi paling lama yaitu 30 hari, sedangkan di kebun sedang (± 1500 m dpl) yaitu 19 hari dan di kebun rendah (±1400 m dpl) paling cepat, yaitu 16 hari. Alat panen yang digunakan yaitu mesin petik dan gunting petik. Persentase komposisi hasil petikan yang dikehendaki yaitu petikan halus 20%, petikan medium 70%, dan petikan kasar 10%. Rata-rata analisis pucuk periode Mei – September 2019 yang memenuhi syarat yaitu 60,3% dengan standar minimal perusahaan yang dikehendaki memenuhi syarat yaitu 55%. Persentase pucuk teh yang di Kayu Aro memenuhi syarat yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan perkebunan teh yang lain. Pengupahan didasarkan pada status pemanen, hasil panen dan mutu pucuk yang dihasilkan. Produktivitas teh di Kebun Teh Kayu Aro yaitu 6091 kg/ha pada periode Januari – Juli 2019 melebihi potensi Gambung 7 yaitu 5770 kg/ha/th.
Kata kunci: teh, panen, pascapanen
LOADING LIST...
ronaldoefendi69@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...