Dian Pratama Putra, SP, M.Sc; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI DAN FREKUENSI APLIKASI LIMBAH CAIR TAHU TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT PRE NURSERY


INTISARI

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara konsentrasi dan frekuensi aplikasi limbah cair tahu dalam pengaruhnya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, mengetahui pengaruh aplikasi limbah cair tahu yang tepat berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian ini dilaksanakan di desa Maguwoharjo, kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Febuari sampai Mei 2019.
Penelitian menggunakan metode percobaan yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap pola faktorial. Faktor I yaitu konsentasi limbah cair tahu terdiri dari 4 aras yaitu konsentrasi limbah cair tahu Kontrol (NPK), 80 ml/L, 160 ml/L, dan 200 ml/L. Faktor II yaitu frekuensi aplikasi limbah cair tahu 3 hari sekali, 6 hari sekali dan 9 hari sekali. Hasil pengamatan dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Apabila ada beda nyata maka dilanjutkan dengan uji jarak berganda Duncan pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan tidak ada interaksi antara konsentrasi dan frekuensi aplikasi limbah cair tahu dalam pengaruhnya terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit, Aplikasi limbah cair tahu dapat digunakan sebagai sumber NPK untuk mendapatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit pre nursery terbaik pada konsentrasi 200 ml/L dan frekuensi aplikasi limbah cair tahu berpengaruh nyata terhadap pertumbuhan tajuk yang terbaik pada frekuensi aplikasi limbah cair tahu 6 hari sekali dan 9 hari sekali, namun tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan akar.
Kata kunci : Konsentrasi limbah cair tahu, Frekuensi aplikasi limbah cair tahu, bibit kelapa sawit .
LOADING LIST...
Antonipernando7@gmail.com
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...