Ir.Neny Andayani,MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH SISTEM TANAM DAN FREKUENSI PENYIRAMAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BAYAM MERAH (Amaranthus tricolor L)


Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknyap pengaruh sistem tanam dan frekuensi penyiraman serta ada tidaknya unteraksi antara sistem tanam dan frekuensi penyiraman terhadap pertumbuhan dan berat hasil pada tanaman bayam merah (Amaranthus Tricolor L). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019 yang bertempat di desa Maguwoharjo, Ngemplak, Sleman, D.I. Yogyakarta dan menggunakan tanah regusol.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak kelompok Lengkap (RAKL) atau RCBD (Randomized Completely Block Design) yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama sistem tanam yang terdiri dari 2 aras yaitu sistem sebar dan sitem larik. Faktor kedua yaitu Frekuensi penyiraman yang terdiri dari 3 aras yaitu penyiraman 1x sehari,2x sehari dan 2 hari sekali dengan pengulangan sebanyak 3 kali. Data dianalisis menggunakan Uji Sidik Ragam (Anova) pada jenjang 5%. Apabila terdapat interaksi nyata akan dilanjutkan dengan uji DMRT pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukkan ada kombinasi antara perlakuan sistem tanam larikan dengan frekuensi penyiraman 1 x sehari. Sedangkan nilai paling rendah ditunjukkan pada kombinasi antara sistem tanam larikan dengan frekuensi penyiraman 1 x sehari. Perlakuan sistem tanam tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, berat segar akar, berat kering akar, berat segar tanaman, dan berat kering tanaman. Pada Frekuensi penyiraman memberikan pengaruh nyata terhadap berat kering tanaman, namun tidak berpengaruh nyata terhadap tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah akar, berat segar akar, berat kering akar dan berat segar tanaman

LOADING LIST...
Fildanovitasari1997@Gmail.com
Ir.Neny Andayani,MP - Personal Name
Filda Novitasari - Personal Name
Ir.Retni Mardu Hartati.SU - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...