ARSAL MAHENDRA; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMANFAATAN BIOSLURRY PADA JENIS TANAH YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh aplikasi bioslurry dan jenis tanah terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery, telah dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Institut Pertanian Stiper Yogyakarta pada bulan Februari sampai April 2019.

Penelitian ini menggunakan metode percobaan dengan rancangan acak lengkap (RAL) yang terdiri dari 2 faktor, faktor pertama adalah aplikasi bioslurry yang terdiri dari empat aras (0%, 20%, 30% dan 40%) dan faktor kedua adalah jenis tanah yang terdiri dari tiga jenis (regosol, latosol, dan grumusol). Dari kedua faktor tersebut diperoleh 12 kombinasi perlakuan dan masing-masing kombinasi perlakuan diulang 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam pada jenjang nyata 5%. Data yang berbeda nyata diuji lanjut dengan DMRT 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi nyata antara aplikasi bioslurry dan jenis tanah pada parameter berat kering tajuk dan diameter batang, dengan hasil terbaik pada kombinasi bioslurry 40% di tanah latosol. Aplikasi bioslurry 20% sudah dapat meningkatkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery. Penggunaan tanah regosol, latosol, dan grumusol memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di Pre Nursery.
Kata kunci : bioslurry, regosol, latosol, grumusol, kelapa sawit

LOADING LIST...
arsal.mahendra@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...