Prof. Dr. Ir. A. T. Soejono (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KOMPOSISI GULMA ANTARA KEBUN KOPI ROBUSTA DAN ARABIKA MILIK PETANI DI KABUPATEN KULON PROGO


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui komposisi dan jenis gulma berdasarkan daur hidup dan morfologi serta cara pengendalian gulma yang tumbuh pada kebun kopi Robusta dan kebun kopi Arabika yang telah dilakukan di Desa Suroloyo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang mulai dilaksanakan pada pada bulan April-Mei 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan metode Kuadrat untuk mengumpulkan data dengan pengamatan lansung di lapangan dengan pengambilan sampel gulma secara acak beraturan mengingat vegetasi gulma di kebun kopi tidak seragam. Petak sampel yang di gunakan berbentuk segi empat dengan ukuran 50 cm x 50 cm. Data jumlah gulma yang hadir dan berat segar gulma yang kemudian di keringkan dengan menggunakan oven dengan suhu 100°C selama 24 jam kemudian di analisis dengan menghitung kerapatan, frekuensi, dominasi, Summed Dominance Ratio(SDR) dan tingkat keseragaman jenis gulma penyusun vegetasi dengan nilai koefisien komunitas gulma(C).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 11 jenis gulma di kebun kopi robusta dan 21 jenis gulma di kebun kopi arabika yang tumbuh tidak seragam (C = 38,68%). Berdasarkan daur hidup terdapat 7 jenis gulma semusim dan 4 jenis gulma tahunan di kebun kopi robusta sedangkan di kebun kopi arabika terdapat 10 jenis gulma semusim dan 11 gulma tahunan. Berdasarkan morfologi terdapat 5 jenis gulma daun lebar, 3 rumputan, 2 pakuan dan 1 jenis tekian di kebun kopi robusta sedangkan di arabika didapatkan 11 jenis daun lebar, 7 rumputan, 2 tekian dan 1 pakuan. Berdasarkan jumlah SDR tidak di temukan gulma yang mendominasi di kedua areal tersebut, baik gulma semusim maupun tahunan (berimbang)

LOADING LIST...
amuniuscristine@gmail.com
Prof. Dr. Ir. A. T. Soejono (P) - Personal Name
Amunius - Personal Name
Hangger Gahara Mawandha. SP,. M.Sc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...