Arif Dyan Permady, Idum Satya Santi, SP., MP (P) dan Hangger G. Mawandha, SP., M.Sc (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SERANGGA PENGUNJUNG TANAMAN Turnera sp DIPERKEBUNAN KELAPA SAWIT


Penelitian dilaksanakan di perkebunan kelapa sawit di PT. Indotruba Tengah Sekunyir, Kec. Pangkalan Banteng, Kab. Kotawaringin Barat, Prov. Kalimantan Tengah. Dilaksanakan mulai 06 - 21 Mei 2019 bertujuan Mengidentifikasi keanekaragaman serangga pengunjung tanaman Turnera sp.
Metode penelitian menggunakan scan sampling. Scan sampling yaitu mencatat tingkah laku pada periode waktu tertentu. Untuk mengidentifikasi serangga menggunakan kunci determinasi serangga dan serangga yang telah didentifikasi selanjutnya dikelompokan berdasarkan tanaman tersebut dan dihitung keragamannya menggunakan indeks keanekaragaman Shannon-Wiener. Mengidentifikasi jumlah dan jenis serangga yang hinggap dan memanfaatkan tanaman Turnera sp sebagai inang.
Hasil penelitian mengetahui jenis serangga pengunjung pada Turnera sp memiliki jenis serangga yang sama, kecuali jumlah serangga yang mengunjungi pada tanaman tersebut. Sedangkan pada periode waktu menunjukan berbeda jumlah serangga pengunjung pada tanaman Turnera sp. Pada setiap tanaman tingkat serangga pengunjung hampir sama, kecuali jumlah jenis serangga pengunjung.

Kata kunci : Turnera subulata, Turnera umifolia, serangga pengunjung, peran serangga, dan scan sampling.

LOADING LIST...
arifpermady17@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...