Setiawan Agus Prabowo; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Analisis Kinerja Turbin Uap Sebagai Penggerak Mula Generator Pembangkit Tenaga Listrik di PKS dan Distribusi Pemakaian Energinya


Turbin uap adalah suatu mesin yang merubah energi potensial dari uap menjadi energi kinetik berupa energi kecepatan, selanjutnya energi kinetik ini berubah menjadi energi mekanik berupa putaran poros. Distribusi energi berkaitan dengan jumlah energi yang dipasok keperangkat-perangkat yang membutuhkan energi listrik maupun keperluan domestik dan berkaitan pula dengan kesetimbangan energi dari penghasil energi yaitu turbin uap dan gas metana di pabrik kelapa sawit.
Penelitian dilakukan di PKS PT. Wana Sawit Subur Lestari 01 Khususnya di Stasiun Power Plan dan Engine Room, bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui laju aliran uap guna menghasilkan energi pada turbin uap. (2) Untuk mengetahui daya yang dihasilkan turbin uap. (3) Untuk mengetahui kebutuhan uap untuk menggerakan turbin guna menghasilkan daya untuk kebutuhan pabrik. (4) Untuk mengetahui kondisi aktual oprasional dibandingkan dengan kondisi ideal sesuai dengan spesifiksi turbin uap. (5) Untuk mengetahui jumlah energi dari turbin uap maupun gas engine dan pemanfaatannya.
Laju aliran uap rata-rata setiap harinya pada turbin uap adalah antara 21,21 ton/jam sampai dengan 25,57 ton/jam. Daya rata-rata yang dihasilkan turbin uap adalah antara 1449,69 kW sampai dengan 1690,1 kW. Kebutuhan uap rata-rata guna menggerakkan turbin adalah sebesar 29,007 kg/kWh pada turbin uap no.1 dan 30,463 kg/kWh pada turbin uap no.2. 4. Output daya turbin uap Tuthil Nadrowski C5-SGIV aktual dibandingkan dengan kondisi ideal sesuai spesifikasi sebesar 66,10 % pada turbin uap no. 1 dan 57,61 % pada turbin uap no. 2. 5. Dari hasil penelitian suplai MCP (Methane Capture Plant) dibutuhkan saat turbin uap menghasilkan daya sebesar 1583,24 kW.

LOADING LIST...
setiawanprabowo1297@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...