Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH DOSIS PEMUPUKAN NPK DAN MACAM MULSA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (Elaeis guineensis Jacq) PRE NURSERY


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dosis pemupukan npk dan macam mulsa terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pertanian yang terletah di Desa Maguwoharjo, Depok, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Juni 2019.
Penelitian menggunakan percobaan faktorial yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari dua faktor. Faktor pertama yaitu dosis pemupukan NPK yang terdiri dari 4 aras yaitu : 0 g (kontrol), 1 g/polybag/aplikasi = 8 g/bibit, 1,5 g/polybag/aplikasi =12 g/bibit dan 2 g/polybag/aplikasi = 16 g/bibit. Sedangkan faktor kedua adalah macam mulsa yang terdiri dari 4 aras yaitu : tanpa mulsa (kontrol), sekam padi, serabut dan tankos. Dari kedua faktor tersebut diperoleh 16 kombinasi perlakuan dan masing – masing perlakuan diulang dengan 4 ulangan. Jumlah bibit yang diperlukan untuk percobaan adalah : 16 x 4 = 64 bibit kelapa sawit. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan sidik ragam Analysis of Variance (Anova) pada jenjang nyata 5 %. Apabila terdapat beda nyata, dilanjutkan dengan uji Duncan Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terjadi interaksi nyata antara dosis pemupukan npk dan macam mulsa terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Dosis pemupukan npk dan macam mulsa terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery berpengaruh nyata terhadap berat segar akar pada pertumbuhan bibit kelapa sawit.

LOADING LIST...
mkhairullatief@gmail.com
Dr. Ir. Candra Ginting, MP (P) - Personal Name
Sri Gunawan, SP, MP - Personal Name
Muhammad Khairul Latief - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...