Ir. Pauliz Budi Hastuti, MP. (p); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PEMBIBITAN PRE NURSERY PADA PERBEDAAN DOSIS PUPUK KASCING DAN VOLUME PENYIRAMAN AIR


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemberian dosis pupuk kascing dan volume air serta ada tidaknya interaksi antara dosis pupuk kascing dan volume air pada pertumbuhan bibit kelapa sawit Pre Nursery. Penelitian dilaksanakan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP 2) Institut Pertanian STIPER Yogyakarta yang terletak di Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Waktu penelitian dilaksanakan dari bulan Februari sampai bulan Mei. Ketinggian tempat penelitian kurang lebih 118 mdpl.
Penelitian ini merupakan percobaan faktorial yang disusun dengan rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) yang terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah dosis pupuk kascing yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu 0 gram/tanaman + Pupuk anorganik, 50 gram/tanaman, 75 gram/tanaman, dan 100 gram/tanaman. Faktor yang kedua adalah volume air yang terdiri dari 4 perlakuan yaitu 50 ml/tanaman, 100 ml/tanaman, 150 ml/tanaman, dan 200 ml/tanaman. Untuk ulangan dilakukan sebanyak 5 kali ulangan. Data hasil pengamatan yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analysis of variance ( annova ) pada jenjang nyata 5%, untuk mengetahui beda nyata antar perlakuan di uji dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) pada jenjang nyata 5%.
Hasil penelitian menunjukan tidak ada interaksi antara perlakuan dosis pupuk kascing dan volume air. Pemberian pupuk kascing 50 gram sudah mampu memberikan pertumbuhan yang sama baik dengan pupuk anorganik. Pemberian volume air 50 ml/tanaman sudah mampu memberikan pertumbuhan yang baik bagi bibit kelapa sawit di pembibitan pre nursery.
LOADING LIST...
nickokeren45@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...