Reza Nanda Fadli; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

STERILISASI MEDIA DAN PUPUK ORGANIK TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL KAILAN (Brassica oleraceae)


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlakuan sterilisasi dan dosis pupuk yang terbaik bagi pertumbuhan dan produksi tanaman kailan. Penelittian ini dilakukan di Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilaksanakan pada pada bulan Februari sampai bulan April 2019.
Penelitian ini dilakukan dengan metode Rancangan Acak Lengkap yang terdiri atas dua faktor. Faktor pertama yaitu perlakuan sterilisasi media tanam (tanah tidak steril dan pupuk organik tidak steril, tanah steril pupuk organik tidak steril, tanah tidak steril dan pupuk organik steril, tanah steril dan pupuk organik steril) dan faktor kedua yaitu dosis pupuk organik ( 100 g/polybag, 200g/polybag, 300 g/polybag, 400 g/ polybag, dan 500 g/polybag), perlakuan diulang sebanyak 5 kali. Data hasil penelitian dianalisis dengan sidik ragam, apabila beda nyata maka akan dilanjutkan dengan DMRT jenjang 5%
Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat interaksi nyata antara perlakuan sterilisasi media dan dosis pupuk organik. Perlakuan kontrol memberikan hasil terbaik pada parameter berat segar tanaman dan berat segar akar serta dosis 400 gram cukup memberikan hasil terbaik pada parameter tinggi tanaman, berat segar tanaman, berat segar tajuk, berat segar akar dan berat kering akar.
Kata Kunci : Sterilisasi Media, Pupuk Organik, Kailan

LOADING LIST...
rezananda2016@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2020
yogyakarta
LOADING LIST...