Didik Surya Hadi S. Hut, MP.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

SIFAT MEKANIKA KAYU JATI RAKYAT PADA BEBERAPA UMUR DAN ARAH AKSIAL


INTISARI
Hutan adalah suatu wilayah yang memiliki banyak tumbuh-tumbuhan lebat yang di dalamnya terdapat pohon, semak, paku-pakuan, rumput, jamur serta hewan yang ada di dalamnya dan menempati daerah yang cukup luas sehingga menciptakan keseimbangan biologis yang baik karena saling berinteraksi satu sama lain. Pohon jati merupakan salah satu pohon yang memiliki keunggulan kualitas terbaik, baik di Pulau Jawa maupun di luar daerah pulau jawa. Tujuan dari penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh umur dan arah aksial kayu terhadap sifat mekanika kayu jati meliputi kekrasan kayu, kerapatan kayu, Modulus Of Elasticity (MOE) dan Modulus Of Repture (MOR).
Penelitian ini dilakukan di Desa Kepek Banyusoco Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Rancangan yang digunakan dalam penelitian adalah rancangan acak lengkap yang disusun secara faktorial, terdiri dari 2 faktor yaitu umur dan arah aksial kayu. Parameter yang diamati meliputi: kerapatan kayu, kekerasan kayu, Modulus Of Elasticity (MOE) dan Modulus Of Repture (MOR). Data dianalisis dengan analisis varians, hasil analisis yang berbeda nyata diuji lebih lanjut dengan uji Least Significant Difference (LSD).
Faktor arah aksial dan faktor umur tidak berpengaruh nyata terhadap kekerasan dan MOR. Faktor umur memiliki pengaruh nyata terhadap kerapatan dan MOE. Hasil penelitian faktor umur dan arah aksial kayu jati untuk nilai kerapatan kayu jati rakyat antara 0,47 – 0,50 g/cm3 , nilai kekerasan kayu jati rakyat antara 18,58 – 63,02 kg/cm2 , nilai MOE kayu jati rakyat antara 3926,30 – 6555,25 kg/cm2, dan nilai MOR kayu jati rakyat antara 650,48 kg/cm2– 804,81 kg/cm2.


Kata Kunci: Tectona grandis, Kelas Umur, Arah Radial Kayu.
LOADING LIST...
yustinustriantoro3324@gmail.com
Didik Surya Hadi S. Hut, MP. - Personal Name
Ir. Sushardi, SKh, MP (P) - Personal Name
Yustinus Triantoro - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...