Ir. Adi Ruswanto, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH KONSENTRASI ISOLATE PROTEIN KEDELAI DAN KONSENTRASI MINYAK KEDELAI TERHADAP KARAKTERISTIK MAYONAISE YANG DIHASILKAM


ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaruh konsentrasi isolate protein kedelai dan konsentrasi minyak kedelai terhadap karakteristik mayonnaise yang dihasilkan dan Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai prodak mayonnaise dengan protein yang tinggi sebagai alternatif makanan sumber protein.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah RBL 2 faktor, Faktor yang ke-1 adalah konsentrasi isolate protein kedelai (A) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu: A1 = 0,5%, A2 = 1%, A3 = 1,5%. Faktor yang ke-2 adalah konsentrasi minyak kedelai (B) yang terdiri dari 3 taraf, yaitu:B1 = 65 %, B2= 70 %, B3 = 75 %.
Pengaruh konsentrasi isolate protein kedelai berpengaruh terhadap pH, kadar protein, dan uji kesukan (rasa) mayonnaise dan tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar asam lemak bebas, dan uji kesukaan (warna, aroma, tekstur).
Penambahan konsentrasi minyak kedelai berpengaruh terhadap pH, kadar protein, dan uji kesukan (rasa) mayonnaise dan tidak berpengaruh terhadap kadar air, kadar asam lemak bebas, dan uji kesukaan (warna, aroma, tekstur). Perlakuan terbaik dalam pembuatan mayonnaise dengan penambahan konsentrasi isolat protein kedelai dan konsentrasi minyak kedelai berdasarkan uji organoleptik adalah pada perlakuan A1B2 yaitu konsentrasi isolat protein kedelai sebanyak 0,5% dan konsentrasi minyak kedelai 70%.



Kata kunci : mayonaise, isolat protein kedelai, minyak kedelai

LOADING LIST...
ginanjarp40@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...