Didik Surya Hadi, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengujian Kualitas Kayu Bundar Jati (Tectona grandis Linn. f) pada Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat di RPH mulo, BDH Paliyan, Kabupaten GUnung Kidul, Yogyakarta.


Pengujian kualitas kayu adalah syarat terpenting dalam beberapa penerapan khususnya untuk keperluan konstruksi. Penelitian bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengukur jenis cacat serta menentukan kualitas kayu jati (Tectona grandis Linn. f) yang berumur 15 tahun pada pengelolaan hutan berbasis masyarakat di RPH Mulo, BDH Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul.
Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL). Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode purposif sampling dengan luas keseluruhan petak tebangan 6 Ha yang terdapat pada petak tebangan. Intensitas Sampling (IS) yang digunakan 0,02%. Batang pohon contoh dipilih setelah melalui proses inventarisasi yang dilakukan pada tiga petak ukur yang berbentuk lingkaran dengan jari-jari 11,28 m. Dari 3 Petak Ukur, masing-masing di ambil 10 pohon sampel yang ditebang. Pohon sampel ditentukan berdasarkan 10 pohon tertinggi di dalam petak ukur dengan diameter pohon ≥ 10 cm. Pengukuran dilakukan sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia).
Hasil penelitian menunjukan jenis cacat kayu jati yang teridentifikasi ialah cacat bentuk, cacat badan, dan cacat bontos. Hasil pengujian kualitas mutu kayu menunjukan kelas mutu terbesar adalah kelas mutu M dengan persentase sebesar 43,6%, kelas mutu T, D, dan P berturut-turut dengan persentase sebesar 35,6%, 15 9%, 5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa kualitas atau mutu kayu jati relatif rendah. Hasil analisis varians menunjukan bahwa perbedaan perlakuan petak ukur tidak memberikan pengaruh nyata terhadap cacat gubal dan volume kayu yang diperoleh. Tetapi memberikan pengaruh nyata terhadap cacat kelurusan kayu jati, yang selanjutnya diuji lanjut dengan menggunakan uji Tukey.

LOADING LIST...
elisabethelsasee@gmail.com
Didik Surya Hadi, S.Hut, MP - Personal Name
Ir. Sushardi, S.Kh, MP (P) - Personal Name
ELISABETH ELSA SEE - Personal Name
NONE
Text
INSTPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...