Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kajian Kehilangan Minyak Pada Sludge Separator Dengan Variasi Kecepatan Putaran (Bearing) Dan Waktu Pemakain


Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh variasi kecepatan putaran (rpm) dan waktu pemakain mesin terhadap oil losses heavy phase sludge separator.
Penelitian dilakukan dengan menggunakan Rancangan Acak Sederhana (RAS) dua factorial. Faktor I yaitu putaran mesin (A) dengan 2 taraf yaitu: A1 (5000-5200 rpm) dan A2 (5201-5400 rpm). Faktor 2 yaitu lama waktu pemakaian mesin (B) dengan 4 taraf yaitu: B1 (5 jam), B2 (6 jam), B3 (7 jam), dan B4 (8 jam). Dalam penelitian ini menggunakan beberapa parameter yang dianalisa yaitu oil losses, kadar air dan kadar solid.
Hasil penelitian kali ini menunjukan bahwa kecepatan putaran sludge sparator dan waktu pemakaian pada kajian ini sangat berpengaruh nyata terhadap oil losses yang dihasilkan, oil losses terendah didapat pada perlakuan kecepatan putaran mesin 5201-5400 rpm yaitu 0,75%, pada perlakuan waktu pemakaian oil losses terendah terjadi pada 5 jam dan 8 jam yaitu 0,81%. Kecepatan putaran sludge sparator dan waktu pemakaian tidak berpengaruh nyata terhadap kadar air yang dihasilkan. Kadar air pada perlakuan kecepatan putaran mesin tidak berbeda signifikan yaitu 95,17 % dan 95,16%, dimana kadar air terbesar diperoleh pada peerlakuan waktu 5 jam yaitu 95,27 %. Kecepatan putaran sludge separator berpengaruh nyata terhadap kadar solid yang dihasilkan. Sedangkan pada waktu pemakaian tidak berpengaruh nyata. Kadar solid yang dihasilkan yaitu berkisar 3,68 % - 4,13 %. Dimana kadar solid terbesar terjadi pada putaran separator 5000-5200 rpm dan waktu pemakaian 8 jam

Kata kunci: sludge separator, oli losses heavy phase.
LOADING LIST...
sidiqnurrudin@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
ngatirah, SP,MP. - Personal Name
Muhammad Sidiq Nurrudin - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
Yogyajarta
LOADING LIST...