Ngatirah, SP.MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EKSTRAKSI ANTIOKSIDAN DARI KULIT BUAH SAWIT (Elaeis guinensis Jacq) DENGAN VARIASI PERBANDINGAN BAHAN DAN PELARUT DAN LAMA WAKTU EKSTRAKSI


Intisari
Pemanfaatan kulit buah kelapa sawit sebagai sumber antioksidan alami dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh perbandingan bahan dengan volume pelarut dan lama waktu ekstraksi terhadap sifat antioksidan dan antimikrobia dari kulit buah kelapa sawit serta menentukan perbandingan bahan dengan volume pelarut dan lama waktu ekstraksi yang mampu menghasilkan ekstrak antioksidan dengan aktivitas tertinggi.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap dengan dua faktor , faktor pertama adalah perbandingan bahan dengan volume pelarut (A) yang terdiri dari 3 taraf ( A1 = 50g : 250ml , A2 = 50g : 375ml, A3 = 50g : 500ml) dan faktor kedua adalah lama waktu ekstraksi (B) yang terdiri dari 3 taraf ( B1 = 6 hari , B2 = 12 hari, B3 = 18 hari) masing-masing diulangi sebanyak 2 kali. Ekstrak kulit buah kelapa sawit yang dihasilkan lalu diamati Total fenol, Aktivitas antioksidan, Kadar air, Aktivitas antimikrobia.
Hasil penelitian menunjukkan perbandingan bahan dengan volume pelarut berpengaruh terhadap total fenol, aktivitas antioksidan dan kadar air, namun tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas antimikrobia. Lama waktu ekstraksi berpengaruh terhadap total fenol, aktivitas antioksidan, dan kadar air. namun tidak berpengaruh nyata terhadap aktivitas antimikrobia. Terdapat interaksi antara perbandingan bahan dengan volume pelarut dan lama waktu ekstraksi terhadap total fenol, aktivitas antioksidan dan kadar air.
Berdasarkan hasil penelitian ekstrak antioksidan dengan aktivitas tertingi di peroleh dari perlakuan perbandingan pelarut 50g : 500g dengan lama waktu ekstraksi 18 hari dengan aktivitas antioksidan 79.01%.
LOADING LIST...
muhyidin959@gmail.com
Ngatirah, SP.MP - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, S.TP., MP - Personal Name
Muhyidin Afandi - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...