Ir. Adi Ruswanto, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Pengaruh Penambahan Plastilizer Gliserol Dan RPO Terhadap Sifat Bioedible Coating Yang Dihasilkan


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan plastilizer gliserol dan rpo terhadap sifat bioedible coating yang dihasilkan .
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Rancangan Blok Lengkap (RBL) dengan dua kali ulangan. Faktor A yaitu penambahan prosentase plastilizer gliserol (A) dengan tiga taraf : A1(5%), A2 (10%) dan A3 (15%). Faktor B yaitu prosentase penambahan minyak RPO (B) dengan tiga taraf : B1 (0.3%), B2 (0.5%) dan B3 (0.7%). Analisa kualitas dari larutan Bioedible coating menggunakan parameter uji viskositas, penyusutan volume, Analisa kualitas dari buah anggur yang di coating menggunakan parameter uji susut bobot,kadar air,gula total,uji laju respirasi, serta uji kadar vitamin C.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan plastilizer gliserol dan minyak RPO berpengaruh sangat nyata terhadap nilai parameter uji viskositas, penyusutan volume,gula total, dan laju respirasi. Sementara persentase penambahan minyak RPO tidak berpengaruh nyata terhadap parameter uji kadar air,susut bobot dan kadar vitamin C. Penambahan prosentase plastilizer gliserol, penambahan prosentasi inyak RPO serta interaksi antara keduanya berpengaruh sangat nyata terhadap nilai parameter uji viskositas, penyusutan volume, gula total,dan laju respirasi dari biodible coating yang dihasilkan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bioedible coating yang terbaik dalam meningkatkan masa umur simpan pada anggur yaitu dengan kode A3B3. Dengan nilai variasi prosesntase plastilizer gliserol A3 yaitu 15% dan penambahan larutan RPO B3 yaitu 0,7%. Hasil pengamatan pada larutan edible coating sebagai berikut : dengan uji nilai viskositas 0.87%, penyusutan volume 1.28%, hasil pengamatan pada anggur yang dicoating yaitu dengan uji susut bobot 4.22 %, kadar air 74.11%, gula total 21.08%, laju respirasi 1.9857 mg/kg/jam, vitamin C 8,30 mg/100gram.

Kata Kunci : Pati sagu, plastilizer gliserol, minyak RPO, bioedible coating
LOADING LIST...
saryanto1004@gmail.com
Ir. Adi Ruswanto, MP - Personal Name
Ir. Siti Achadijah, MS (P) - Personal Name
Saryanto - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...