Ir. Siman Suwadji, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PEMECAHAN DORMANSI BIJI SENGON (Falcataria moluccana L.Nielsen) DENGAN PERLAKUAN SUHU AIR DAN WAKTU PERENDAMAN


INTISARI
PEMECAHAN DORMANSI BIJI SENGON
(Falcataria moluccana L.Nielsen)
DENGAN PERLAKUAN SUHU AIR DAN WAKTU PERENDAMAN

Dalam pengembangan hutan tanaman, benih memainkan peranan yang sangat penting. Benih-benih hutan mempunyai kondisi fisik kulit biji yang keras terutama pada famili Leguminoceae. Teknik silvikultur yang dapat mengatasi sifat dormansi kulit benih adalah variasi suhu dan lama perendaman. Mengingat pengetahuan dan pengalaman teknik pemecahan dormansi pada benih Sengon (Falcataria moluccana L.Nielson.) sangat kurang, maka perlu dilakukan penelitian cara mengatasi sifat dormasi benih.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mempelajari pengaruh perlakuan lama perendaman pada berbagai suhu terhadap perkecambahan benih sengon. Penelitian ini menggunakan percobaan faktorial 3 X 3 yang disusun dalam rancangan lengkap ( RAL ) dengan 2 factor yaitu faktor variasi Suhu (S) yaitu S1= Suhu Kamar, S2= suhu 60°C, S3= suhu 100°C dan Lama Rendaman (L) yaitu L1= 8 jam, L2= 16 jam dan L3=24 jam. Parameter yang diamati adalah: waktu muncul kecambah terbanyak, waktu muncul kecambah batas 80% dan presentase (viabilitas) kecambah sengon. Data dianalisis menggunakan analisis Varians (ANOVA) dan apa bila ada perbedaan nyata antara perlakuan maka di lanjutkan dengan menggunakan uji Duncant 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh variasi suhu 60°C, Lama rendaman 16 jam dan Suhu 100°C Lama rendaman 24 jam memberikan hasil yang paling baik pada parameter waktu muncul kecambah sengon, waktu muncul kecambah sengon batas 80%, dan persentase (viabilitas) kecambah sengon, maka lapisan lilin yang terdapat pada biji sengon gampang larut. Dikarenakan Suhu optimum yaitu suhu yang paling sesuai untuk perkecambahan. Interaksi antara variasi suhu dan dan lama perendaman berbeda nyata terhadap jumlah kecambah yang dihasilkan

Kata Kunci: Benih sengon, variasi suhu, lama perendaman, interaksi


LOADING LIST...
sokratesnarek@gmail.com
Ir. Siman Suwadji, MP - Personal Name
Ir. Surodjo Taat Andayani, MP (P) - Personal Name
SOKRATES NAREK - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...