Ngatirah, SP. MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN SIFAT KIMIA SABUN PADAT DENGAN VARIASI PERBANDINGAN MINYAK KERLAPA SAWIT : MINYAK BEKATUL DERNGAN PENAMBAHAN MINYAK KENANGA


Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan sabun padat menggunakan minyak kelapa sawit dan minyak bekatul dengan penambahan minyak bunga kenanga yang bertujuan untuk menentukan perbandingan minyak kelapa sawit : minyak bekatul dengan penambahan minyak bunga kenanga yang dapat menghasilkan sabun padat dengan sifat-sifat yang baik. Penelitian dilakukan mengunakan rancangan percobaan blok lengkap (RBL) 2 faktor, faktor pertama adalah variasi perbandingan minyak kelapa sawit : minyak bekatul dengan 3 taraf yaitu : A1 ( 60ml : 40ml ), A2 (70ml : 30ml), A3 (80ml : 20ml ). Faktor kedua yakni penambahan jumlah minyak kenanga dengan 3 taraf, yaitu B1 (1ml), B2 (2ml), B3 (3ml).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variasi perbandingan minyak kelapa sawit : minyak bekatul tidak berpengaruh terhadap kadar air, alkali bebas, pH, namun berpengaruh terhadap angka penyabunan. Jumlah penambahan minyak bunga kenanga tidak berpengaruh terhadap kadar air, alkali bebas, pH, dan angka penyabunan. Berdasarkan angka penyabunan yang paling mendekati dengan angka penyabunan minyak (trigliserida) yang digunakan untuk membuat sabun adalah sabun yang dibuat dengan perbandingan minyak kelapa saawit : minyak bekatul A1 (60ml:40ml) dengan angka penyabunan 105.24 mgKOH/g, dengan kadar alkali bebas 1,80%, pH 11,86 , dan kadar air 14,37%. Penambahan minyak kenanga B1 (1ml), dengan angka penyabunan 115,3076 mgKOH/g, alkali bebas 1.79%, pH 11,88 , dan kadar air 14,16%.



   
Kata kunci : Sabun padat, minyak kelapa sawit, minyak bekatul, minyak kenanga, sifat kimia
LOADING LIST...
Elia Tarigan
Ngatirah, SP. MP - Personal Name
Dr. Maria Ulfah, STP. MP - Personal Name
ELIA TARIGAN - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...