Ir. Agus Prijono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MONITORING KESEHATAN POHON PADA RUANG TERBUKA HIJAU BERUPA JALUR HIJAU DI KELURAHAN KOTA BARU KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA MADYA YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


MONITORING KESEHATAN POHON PADA RUANG TERBUKA HIJAU BERUPA JALUR HIJAU DI KELURAHAN KOTA BARU KECAMATAN GONDOKUSUMAN KOTA MADYA YOGYAKARTA DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Oleh :
WAHYU MURDIYANTO
15/17910/SMH

INTISARI
Perkotaan di Indonesia saat ini terus mengalami perkembangan pesat. Wilayah perkotaan sebagai pusat aktivitas manusia dan kepadatan penduduk tinggi akan mengakibatkan area perkotaan lebih didominasi oleh lahan terbangun. Begitu juga dengan kota Yogyakarta. Dengan perkembangan kota yang cepat akan meningkatkan lahan terbangun dan sebaliknya ruang terbuka hijau akan mengalami penurunan. Hal ini akan mengakibatkan ketidaknyamanan masyarakat sekitar yang beraktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis, jumlah dan sebaran pohon serta status kesehatan pohon berdasarkan lokasi kerusakan, tipe kerusaskan pohon, dan tingkat kerusakan pohon pada jalur hijau.
Penelitian ini dilakukan di Jl. I Dewa Nyoman Oka, Jl. Ngadikan, dan Jl. Faridan Muridan Noto Kelurahan Kotabaru Kecamatan Gondokusuman wilayah Kota Madya Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. setiap pohon di jalan tersebut dilakukan pendekatan berupa : 1. Bagian pohon yang rusak, 2. Tipe kerusakan dan 3. Tingkat/nilai keparahan dari setiap pohon yang ada di kawasan. Dalam setiap kawasan akan dilakukan pengambilan contoh kawasan yang paling banyak mengalami kerusakan dan penyebab rusaknya pohon sehingga dapat dibandingkan dari ketiga kawasan tersebut serta dapat dilakukan pemeliharaan yang efektif dan secara intensif.
Jumlah pohon dan sebaran pohon di jl. Ngadikan sebanyak 14 pohon dengan satu jenis pohon yaitu tanjung (Mimusops elengi); sedangkan di jl. Faridan Muridan Noto berjumlah 45 pohon yang terdiri dari jenis tanjung (Mimusops elengi) sebanyak 41 pohon, bungur (Lagerstroemia speciosa) sebanyak 3 pohon, dan mangga (Mangifera indica) sebanyak 1 pohon; dan di jl. I dewa nyoman oka berjumlah 35 pohon dengan satu jenis pohon yaitu tanjung (Mimusops elengi). Status kesehatan pohon di Jl. Ngadikan terdapat 4 pohon sehat dan 10 pohon sakit, sedangkan di Jl. Faridan Muridan Noto terdapat 32 pohon sehat dan 13 pohon sakit, dan di Jl. I Dewa Nyoman Oka terdapat 35 pohon sakit. Bagian kerusakan pohon yang sering dijumpai terdapat di bagian batang tajuk (kode 6), sedangkan tipe kerusakan yang sering dijumpai adalah open wounds (kode 3), dan kelas keparahan yang paling banyak ditemukan adalah kode 4 (40-49%).
Kata kunci : Monitoring, Kesehatan Pohon, Ruang Terbuka Hijau

LOADING LIST...
murdiyantow@gmail.com
Ir. Agus Prijono, MP - Personal Name
Hastanto Bowo Woesono, S. Hut, MP - Personal Name
Wahyu Murdiyanto - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...