Karti Rahayu Kusumaningsih, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KARAKTERISTIK POHON INANG ANGGREK ASEM (Aerides odorata) DI KEBUN PENDUDUK DUSUN KADILANGU, DESA SUMBERADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN, DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA


KARAKTERISTIK POHON INANG ANGGREK ASEM (Aerides odorata) DI KEBUN PENDUDUK DUSUN KADILANGU, DESA SUMBERADI, KECAMATAN MLATI, KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Amelia Rahayu , Ir. Surodjo Taat Andayani , Karti Rahayu Kusumaningsih
Fakultas Kehutanan Institut Pertanian STIPER Yogyakarta

INTISARI
Anggrek asem adalah anggrek epifit yang membutuhkan tumbuhan inang spesifik. Karakteristik kulit kayu yang khas adalah mikrohabitat yang dibutuhkan oleh jenis anggrek seperti Aerides odorata. Faktor berkurangnya tumbuhan inang yang spesifik diduga kuat menjadi penyebab anggrek asem terancam punah. Anggrek epifit seperti Aerides odorata tidak asal menempel di semua jenis pohon. Oleh sebab itu semakin langkanya pohon asem membuat Aerides odorata kehilangan inang idealnya. Status Aerides odorata yang bergerak menuju kritis dan mungkin akan segera terancam punah sejatinya adalah gambaran dari banyak jenis anggrek alam Indonesia lainnya yang mengalami nasib dan ancaman serupa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan karakteristik pohon inang anggrek asem (Aerides odorata) di Dusun Kadilangu, Desa Sumberadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sensus artinya teknik pengambilan data dengan cara pengumpulan data seluruh populasi dengan kriteria yang menjadi pertimbangan penelitian ini. Parameter yang diamati meliputi : jenis pohon penyusun habitat anggrek asem, karakteristik kulit pohon, ukuran pohon, ukuran tajuk dan zona tumbuh anggrek asem.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 2 jenis pohon inang anggrek asem yaitu Jati (Tectona gradis) dan Kelapa (Cocos nucifera). Karakteristik kulit pohon jati berkulit kasar, stabil, beralur vertikal dalam, ditumbuhi lumut daun dan lumut kerak, sedangkan karakteristik kulit pohon kelapa berkulit halus, stabil, beralur vertikal menyempit, ditumbuhi lumut dauun dan lumut kerak. Ukuran pohon inang dan ukuran tajuk tidak berpengaruh langsung terhadap keberadaan anggrek asem. Zona pertumbuhan anggrek asem berada pada zona 2 yaitu pada batang utama dan zona 3 yaitu pada basal percabangan.

Kata Kunci : Karakteristik Pohon Inang, Anggrek Asem

LOADING LIST...
Ameliarahayu1997@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...