Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, M.P.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PERAN GANDA WANITA PEKERJA BURUH PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DI PT SINP-PBNA KECAMATAN ARUT UTARA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT


Penelitian ini bertujuan untuk mengrtahui : 1. Untuk mengetahui alokasi kerja wanita dalam kegiatan ekonomi dan domestik, 2. Untuk mengetahui upaya – upaya yang dilakukan wanita dalam rangka kecukupan pekerjaan domestik, 3. Untuk mengetahui peran wanita dalam pendapatan keluarga.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel penelitian ini tenaga kerja wanita bagian pengutip berondol dan rawat yang bekerja di perkebunan kelapa sawit. Metode pengambilan sampel menggunakanmetode aksidental, dengan jumlah responden 30 orang. Metode penentuan lokasi menggunakan metode porposive sampling karena disengaja oleh penulis. Dan metode analisis data yang digunakan adalan metode kuantitatif.
Hasil penelitian yaitu : Alokasi kerja karyawan pada kegiatan ekonomi 9 jam, domestik 6 jam tidak ada perbedaan alokasi waktu karyawan pengutip dan rawat. Upaya – upaya wanita yang dilakukan untuk memenuhi kecakupi kegiatan domestik yang paling banyak dilakukan antara lain, mengurusi kebersihan rumah, mengurusi kebersihan rumah, belanja kebutuhan konsumsi, mengurus anak, menonton tv dengan keluarga dirumah, membersihkan lingkungan, ibadah. Peran wanita Pengutip sebesar 44% dan peran wanita rawat sebesar 43% menunjukan ada perbedaan pendapatan antara karyawan pengutip dan rawat.

LOADING LIST...
Novanpanji219@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019/2020
YOGYAKRTA
LOADING LIST...