(P) Ir. Sri Manu Rochmiyati, M. Sc.; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

PENGARUH APLIKASI PUPUK ORGANIK CAIR BONGGOL PISANG DAN PUPUK K TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI PRE NURSERY


Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara aplikasi pupuk organik cair bonggol pisang dan pupuk k terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery, mengetahui kosentrasi pupuk organik cair (poc) yang paling sesuai pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery dan mengetahui dosis pupuk K yang paling sesuai pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre nursery. Penelitian dilakukan di desa Wedowartani, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Provinsi D. I. Yogyakarta, dengan ketinggian tempat 118 m di atas permukaan laut. Penelitian dilakukan selama 3 bulan dari tanggal 27 Maret sampai 23 Mei 2018.
Penelitian ini merupakan percobaan dengan rancangan faktorial yang terdiri atas dua faktor dan disusun dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Faktor pertama adalah kosentrasi bonggol pisang terdiri dari 3 aras yaitu 10%, 20% dan 30%. Faktor kedua adalah dosis pupuk K terdiri dari 3 aras yaitu 0,6 g, 0,8 g dan 1 g.
Hasil penelitian menunjukkan terjadi interaksi antara kosentrasi pupuk organik cair dengan dosis pupuk K terhadap panjang akar, kombinasi terbaik konsentrasi 30% dengan dosis pupuk K 0,8 g. Aplikasi POC memberikan pengaruh yang sama terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit . Dosis pupuk kalium (K) 0,6 g, 0,8 g dan 1 g memberikan pengaruh yang sama baik terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di pre-nursery.


Kata kunci: Poc Bonggol pisang, pupuk K, bibit kelapa sawit.


LOADING LIST...
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...