Ngatirah SP.MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

EKSTRAKSI ANTIOKSIDAN ALAMI DARI KULIT BUAH SAWIT (elaeis guinensis) DENGAN VARIASI JENIS PELARUT DAN TINGKAT KEMATANGAN KULIT BUAH SAWIT


Pemanfaatan kulit buah sawit (elaeis guinensis) sebagai antioksidan alami dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jenis kulit buah kelapa sawit dan jenis pelarut terhadap ekstraksi antioksidan dari kulit buah kelapa sawit yang dilakukan serta nenentukan jenis kulit buah kelapa sawit dan jenis pelarut yang mampu menghasilkan ekstrak antioksidan dengan aktivitas tertinggi.
Penelitian ini menggunakan Rancangan Blok Lengkap dengan dua faktor , faktor pertama adalah jenis kulit buah sawit (A) yang terdiri dari 3 taraf ( A1 = kulit buah mentah , A2 = kulit buah matang, A3 = kulit buah busuk) dan faktor kedua adalah jenis pelarut (B) yang terdiri dari 3 taraf ( B1 = Etanol , B2 = n-Hexan , B3 = Etil asetat ) masing-masing di ulangi sebanyak 2 kali. Ekstrak daun kelapa sawit yang di dapatkan di lakukan evaluasi penelitian sebgagai berikut Anti mikrobia metode well diffusion, Aktivitas antioksidan metode DPPH, Total flavonoid metode spectrophotometry , Total fenol spectrophotometry.
Hasil penelitian menunjukkan jenis kulit buah sawit berpengaruh sangat nayata terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol, berpengaruh nyata terhadap total flavonoid namun tidak berpengaruh nyata terhadap antimikrobia. Jenis pelarut berpengaruh sangat nayata terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol, namun tidak berpengaruh nyata terhadap antimikrobia dan total flavonoid. Terdapat interaksi antara jenis kulit buah sawit dan jenis pelarut terhadap aktivitas antioksidan dan total fenol.
Berdasarkan hasil dari variasi perlakuan yang dilakukan pada penelitian ini maka didapat hasil terbaik adalah jenis kulit buah A1 yaitu kulit buah mentah dan jenis pelarut B1 etanol dengan total fenol 1,35% , total flavonoid 0,16 %, aktivitas antioksidan 95,15 % dan antimikrobia 1,11 cm.

LOADING LIST...
afribudiman29@gmail.com
Ngatirah SP.MP (P) - Personal Name
Ir.Siti Achadiyah.MS - Personal Name
Afriyanus Y. Budiman - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...