Dr. Ir. Herry Wirianata, MS; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

((((((publikasi pengesahan)))))))))PENGARUH BERBAGAI DOSIS PUPUK NPK DAN INOKULASI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT DI MAIN NURSERY


xi

INTISARI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan berbagai dosis mikoriza dan NPK terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit main nursery dengan media tanam. Penelitian dilakukan di Kebun Pendidikan dan Penelitian (KP2) Instiper Yogyakarta, Desa Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Metode Penelitian yang digunakan adalah Percobaan faktorial yang disusun dalam rancangan acak lengkap (Completely Randomized Design) Yang terdiri dari dua faktor. faktor pertama dosis pupuk NPK, 4g, 6g, dan 8g. faktor kedua inokulasi FMA dengan perlakuan, Tanpa inokulasi, inokulasi 25g, dan inokulasi 40g. 3 x 3 = 9 kombinasi perlakuan dengan 8 pengulangan, jumlan bibit yang di butuhkan 9 x 8 = 72 bibit kelapa sawit.
Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi kombinasi yang baik antar dosis pupuk NPK dan Inokulasi mikoriza terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery. Penggunaan dosis pupuk NPK dengan dosis 4g/bibit sudah mencukupi untuk menghasilkan pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery yang baik. Pemberian mikoriza dengan dosis 0g/bibit dan 25g/bibit memberikan pengaruh yang sama, namun pemberian dosis 40g/bibit lebih baik untuk pertumbuhan bibit kelapa sawit di main nursery.


Kata kunci : Dosis NPK, mikoriza, bibit kelapa sawit main nursery
LOADING LIST...
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS - Personal Name
Dra. Suprih Wijayani, M. Si. - Personal Name
NUR ROHIM - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
YOGYAKRTA
LOADING LIST...