Karti Rahayu Kusumaningsih, S.Hut, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Monitoring Kesehatan Pohon Pada Jalur Hijau Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Madya Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta


INTISARI
Kualitas lingkungan kota saat ini mengalami penurunan akibat banyaknya polusi kendaraan akibat aktivitas manusia sehingga menimbulkan pencemaran lingkungan. Akibat dari pencemaran ini dapat mengganggu kesehatan manusia yang tinggal di sekitar kota dan berdampak buruk bagi wilayah tersebut. Dalam hal ini cara menanggulanginya agar lingkungan kota kembali stabil harus adanya ruang terbuka hijau setidaknya 30% dari kawasan yang ada di kota, contohnya menanam tanaman atau pohon di kawasan kota sehingga dapat mengurangi pencemaran udara atau lingkungan di sekitar kawasan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesehatan pohon, penyebab kerusakannya, lokasi, tipe dan nilai keparahan yang biasanya merusak pohon yang ada di jalur hijau kota. Penelitian ini dilakukan di jalur hijau Kelurahan Baciro, Kecamatan Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Di kawasan ini memiliki 3 jalur hijau atau jalan antara lain Jalan Soka, Jalan Menur Baru dan Jalan Kantil yang setiap pohon di jalan tersebut dilakukan pendekatan berupa : 1. Lokasi kerusakan, 2. Tipe kerusakan dan 3. Tingkat/nilai keparahan dari setiap pohon yang ada di kawasan. Dalam setiap kawasan akan dilakukan pengambilan contoh kawasan yang paling banyak mengalami kerusakan dan penyebab rusaknya pohon sehingga dapat dibandingkan dari ketiga kawasan tersebut serta dapat dilakukan pemeliharaan yang efektif dan secara intensif.
Berdasarkan pohon di Jalan Soka dari 72 pohon terdapat 54 pohon yang terserang penyakit, di Jalan Menur Baru 18 pohon, dan Jalan Kantil 11 pohon. Sebagian besar penyebab kerusakan pohon di 3 lokasi tersebut adalah aktivitas manusia, dengan lokasi kerusakan pohon meliputi bagian akar, batang, cabang, dan daun. Tipe kerusakan yang terjadi meliputi luka terbuka, jamur, cabang bergerombol, kanker dan tunas bergerombol. Rata-rata nilai kepada pohon yang terserang penyakit adalah 20 % sampai dengan 70 %.
LOADING LIST...
ikhsanjuniar67@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...