TRI NUR INDRAWATI; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Peranan Perkebunan Kelapa Sawit Terhadap Pemberdayaan Masyarakat(Studi Kasus Desa Babana Kecamatan Budong-Budong Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat)


Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Program-program pemberdayaan masyarakat apa yang perusahaan berikan untuk kesejahteraan masyarakat, Mengetahui manfaat pemberdayaan masyarakat terhadap masyarakat itu sendiri, Untuk mengetahui peranan perkebunan terhadap masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan. Penelitian ini dilakukan pada bulan juni 2019 yang bertempat di PT. Suryaraya Lestari 2 di Desa Polohu, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah Sulawesi Barat.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif, sedangkan teknik yang digunakan yaitu Simple Random Sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak tanpa memperhatikan strata atau tingkatan anggota populasi tersebut.. Total responden yang diwawancara 35 sampel yang diambil dari kelompok tani yang berbeda.
Hasil penelitian menunjukan Peranan perusahaan terhadap pemberdayaan masyarakat dapat dilihat dari bidang ekonomi dengan membentuk Program plasma, IGA, dan Swadaya. Bidang pendidikan perusahaan memberikan beasiswa untuk anak-anak SD,SMP dan SMA. Bidang kesehatan dengan adanya posyandu,Imunisasi dan Polibun.Bidang sosial dan budaya dengan memberikan sumbangan untuk rumah ibadah, partisipasi keiatan sosial, dan Ritual Adat Mamose serta Bidang lingkungan hidup, Manfaat yang diperoleh masyarakat bahkan aspek lain yaitu meningkatkan pendapatan masyarakat, Meningkatkan pemerataan dan pemberdayaan masyarakat, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi pedesaan, wilayah dan nasional, Memperluas kesempatan kerja, Meningkatkan ketahanan ekonomi nasional dan Peningkatan kualitas sumber daya manusia. Setiap tahunnya mengeluarkan dana untuk semua program pemberdayaan masyarakat yaitu sebesar Rp. 105.249.000/Tahun.


LOADING LIST...
tri.topoyo@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...