Efrida Clarita Wona; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

Kondisi Sosial Ekonomi Masyarakat Di Kecamatan Singkup, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat


ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi masyarakat di sekitar perkebunan kelapa sawit dimana aspek sosial yang diteliti yaitu umur, tinggkat pendidikan, pekerjaan utama, pekerjaan sampingan, dan organisasi masyarakat. Sedangkan aspek ekonomi yang diteliti yaitu pendapatan, jenis tempat tinggal/rumah, kendaraan pribadi, jumlah anggota keluarga.
Metode dasar dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian dilakukan secara Purposive Sampling yaitu teknik penentuan sampel yang dilakukan secara sengaja. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode snowball sampling sebanyak 30 orang responden.
Hasil penelitian ini dilihat dari beberapa aspek salah satunya adalah tinggkat pendidikan, sebagian besar masyarakat lulusan SD. Dan pendapatan masyarakat yang masih rendah dibandingkan dengan UMP (Upah Minimum Provinsi). Dilihat dari kedua aspek sosial dan ekonomi tersebut menunjukan bahwa kondisi sosial ekonomi masyarakat kurang baik dilihat dari kemampuan dalam memenuhi segala kebutuhan keluarga.
Kata kunci: Kondisi Sosial Ekonomi, Masyarakat, Pendapatan.

LOADING LIST...
claritha140716@gmail.com
Efrida Clarita Wona - Personal Name
Dr. Ir. Agatha Ayiek Sih Sayekti, MP - Personal Name
Dr. Ismiasih M.Sc - Personal Name
NONE
Text
Indonesia
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...