Ir. Priyambada, MP (P); " />
Detail Cantuman Kembali

XML

KAJIAN ANGKUT PUPUK DENGAN MENGGUNAKAN DUMP TRUK DAN TRAKTOR DARI GUDANG PUPUK MENUJU LAPANGAN


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami proses pengangkutan pupuk menggunakan dump truk dan traktor, untuk membandingkan efisien pengangkutan dengan menggunakan truk dan traktor dan untuk mengetahui penerapan manajemen angkut pupuk. Penelitian dilaksanakan di PT PN III KEBUN HTA PADANG, desa Ambalutu, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Sumatra Utara, yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2019.
Penelitian ini melakukan metode deskritif analitik yaitu sebagai metode yang memusatkan pada pemecahan masalah-masalah yang ada pada masa sekarang dimana data yang dikumpulkan mula-mula disusun dan dianalisa. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder.
Hasil penelitian menunjukkan kapasitas alat angkut dump truk 6750 kg lebih tinggi dari pada alat angkut traktor 5333 kg. Kecepatan angkut dengan menggunakan dump truk 4.22 km/jam sedangkan traktor 3.06 km/jam dengan muatan dump truk lebih banyak di bandingkan dengan traktor. Biaya angkut menggunakan alat dump truk lebih tinggi dibanding traktor dengan rata-rata Rp 76468. Biaya / route dump truk lebih tinggi Rp 391329/ route dari pada traktor Rp 375409/ route. Sedangkan efisiensi kerja traktor lebih tinggi dengan rerata 90 % dibandingkan dengan dump truk rerata 83%.

LOADING LIST...
faizm9324@gmail.com
Ir. Priyambada, MP (P) - Personal Name
Dr. Ir. Herry Wirianata, MS - Personal Name
Muhammad Faiz - Personal Name
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...