Ir. Sugeng Wahyudiono, MP; " />
Detail Cantuman Kembali

XML

MODEL SEBARAN DIAMETER HUTAN RAKYAT POLA TREES ALONG BORDER DI DESA SEMOYO KECAMATAN PATUK KABUPATEN GUNUNGKIDUL


ABSTRAK
Perkembangan hutan rakyat di Gunungkidul didorong oleh motivasi petani untuk terlepas dari permasalahan lingkungan namun kini juga memiliki fungsi pemenuhan kebutuhan ekonomi. Pola agroforestri diterapkan oleh petani hutan rakyat di Desa Semoyo. Pola penanaman agroforestri dengan trees along border diterapkan dengan menanam pohon-pohonan di atas lahan tanaman semusim. Pengetahuan sebaran diameter pohon merupakan salah satu faktor penting dalam menggambarkan struktur hutan dan mensimulasi model hasil dan pertumbuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sebaran diameter pohon dengan menerapkan model sebaran Weibull serta memperoleh berbagai pola sebaran diameter pohon. Metode yang digunakan adalah metode analisis kuantitatif melalui pengujian kecocokan model sebaran Weibull. Intensitas sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebesar 15% dari anggota kelompok tani Serikat Petani Pembaharu (SPP) yang berada di Desa Semoyo. Pemilihan sampel yang dijadikan responden dilakukan dengan menggunakan metode insidental/accidental sampling yaitu metode pengambilan sampel berdasarkan petani yang mudah ditemui serta memiliki lahan trees along border.
Hasil penelitian menunjukkan pola sebaran diameter pada lahan tegalan yang menyerupai hutan tanaman menghasilkan dua pola, sedangkan yang menyerupai hutan alam menghasilkan satu pola. Pada lahan pekarangan yang menyerupai hutan tanaman menghasilkan tiga pola, sedangkan yang menyerupai hutan alam menghasilkan satu pola.

Kata kunci : model sebaran Weibull, pola sebaran diameter





LOADING LIST...
fauzanodii@gmail.com
NONE
Text
INSTIPER
2019
yogyakarta
LOADING LIST...